MAKALAH
LITERASI BAHASA INDONESIA
LITERASI
Dr. ABDURAHMAN, M. Pd
Oleh
Kelompok 1 :
Lamyra Yeri Ramala
Mulia Resti
Nurul Aliyah
Uswatun Hasanah
Yulia Nur Rahimah
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2019
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Literasi adalah proses membaca, menulis, berbicara, mendengarkan, melihat, dan berpendapat (kuder dan hasit 20002). Namun secara umum definisi litersi adalah kemampuan membaca dan menulis serta menggunakan bahasa lisan.
Kemampuan literasi sangatah penting baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambah canggihya teknologi, orang-orang zaman sekarang mulai meninggalkan dan menyingkirkan budaya literasi dan memilih untuk mendapatkan informasi yang instan dan belum diketahui kebenaran dan keilmiahan dari info yang didapatkannya tersebut.
Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai sejumlah pengetahuan atau bidang studi yang harus dipelajari. Kesulitan membaca dikelas awal akan sangat berdampak dikelas selanjutnya. Sehingga gerakan literasi haruslah lebih ditekankan lagi terutama di Indonesia.
Data statistik UNESCO pada tahun 2016 menyebutkan indeks minat baca di indnesia baru mencapai 0,001. Artinya dari 1000 penduduk hanya satu warga untuk tertarik membaca dan menurut indeks pembangunan pendidikan UNESCO ini, indonesia berada di nomor 69 dari 127 negara. Dengan demikian minat baca di indonesia haruslah di tingkatkan.
Batasan Masalah
Agar makalah ini lebih terarah dan menghindari pembahasan yang terlalu luas, maka penulis perlu membatasinya. Adapun batasan penulisan makalah ini:
Hakikat dan pengertian literasi
Jenis literasi
Fungsi literasi
Tujuan literasi
Faktor yang mempengauhi literasi
Proses dan langkah literasi efektif
Tujuan Penelitian
Untuk lebih mengetahui dan memahami apa itu literasi
Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis literasi
Untuk mengetahui apa saja fungsi dari literasi
Untuk mengetahui apa tujuan dari litersi tersebut
Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi literasi
Mengetahui langkah efektif untuk berliterasi
Manfaat Literasi
Manfaat teoritis
Manfaat ini dapat menguatkan teori-teori yang sudah ada. Peran kegiatan literasi dapat meningkatkan minat membaca dan menulis.
Manfaat praktis
Bagi siswa
Meningkatkan pemahaman siswa dalam peran pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan menulis.
Membiasakan siswa untuk membaca buku nonpembelajaran maupun buku pelajaran dan menulis ringkasan buku.
Bagi guru
Sebagai pedoman kegiatan literasi untuk meningkatkan minat membaca dan menulis untuk siswa.
Bagi sekolah
Memberikan informasi kepada sekolah mengenai kegiatan literasi sekolah yang berfokus pada pembiasaan membaca dan menulis dalam upaya meningkatkan minat siswa.
Bagi penulis
Pengalaman berharga untuk melaksanakan tugas dimasa yang akan datang
Memberikan pengalaman lapangan tentang kegiatan literasi yang berfokus pada pembiasaan membaca dan menulis siswa
BAB II
PEMBAHASAN
Hakikat Literasi
Literasi adalah kemampuan tiap-tiap individu untuk memahami dan menyerap informasi dari yang dibaca.
Pengertian literasi menurut para ahli :
Cordon (2003)
Literasi adalah ilmu pengetahuan yang mampu membangun imajinasi ilmuan lain untuk menjelajah dunia dan ilmu pengetahuan berdasarkan referensi yang ia baca.
Alberta (2009)
Menurutnya literasi bukan lah hanya sekedar kemampuan untuk membaca dan meulis saja. Namun, juga menaambah pengetahuan keterampilan dan kemampuan berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan juga agar mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan potensi dan berpartispasi aktif dalam masyarakat.
Elizabeth Sulzby (1986)
Literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi sesuai dengan tujuan masing-masing.
Jenis Literasi
Pada dasarnya, literasi ini dibagi menjadi beberapa jenis literasi, diantaranya sebagai berikut :
Literasi dasar
Kemampuan untuk membaca, mendengarkan, menulis, serta juga menghitung.
Literasi perpustakaan
Kemampuan lanjutan untuk dapat mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada.
Literasi media
Kemampuan untuk dapat mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda dan juga dapat mengerti penggunaan dari masing-masing media yang ada tersebut.
Literasi teknologi
Kemampuan untuk dapat memahami kelengkapan dalam suatu teknologi.
Literasi visual
Kemampuan utuk menginterpretasi dan memberi makna dari sebuah informasi yang berbentuk gambar atau visual.
Fungsi Literasi
Menumbuh kembangkan budi pekerti yang baik
Maksudnya yaitu dengan pengetahuan yang telah kita miliki kita dapat membedakan antara mana yang baik dan mana yag buruk.
Meningkatkan budaya literasi disekolah atau masayarakat
Literasi dapat mengubah pola pikir seseorang menjadi lebih baik, maka dari itu mari kita membudayakan literasi terutama di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Meningkatkan pengetahuan
Kegiatan utama dalam literasi adalah membaca, maka dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah dan semakin banyak pula informasi yang diperoleh.
Meningkatkan kepahaman
Kita pernah mengalami kesulitan dalam memahasi sebuah informasi, tapi melalui literasi dapat memudahkan kita untuk mengambil inti dari informasi yang didapatkan.
Mengisi waktu agar lebih berguna
Contohnya, kita bisa memanfaatkan waktu luang kita dengan berliterasi baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
Memberikan penilaian kritis
Tujuan selanjutnya yaitu kita dapat mengkritisi karya orng lain. Maksud mengkritisi dalam hal ini adalah kita bisa memperbaiki suatu karya atau membangun karya berikutnya.
Memperkuat nilai kepribadian
Pengetahuan yang didapat dari literasi akan semakin mematangkan nilai yag ada dalam diri seseorang.
Tujuan literasi
Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat
Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca
Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis
Membantu menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik di dalam diri seseorang
Meningkatkan nilai kepribadian seseorang melalui kegiatan membaca dan menulis
Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas
Membantu meningkatkan kualitas penggunaan waktu seseorang sehingga lebih bermanfaat
Faktor yang mempengaruhi literasi
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca siswa di sekolah dasar :
Faktor sosial-ekonomi keluarga
Orang tua yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, bekerja lebih banyak, pasti memiliki lebih banyak buku-buku, dan ini lah faktor yang paling mempengaruhi dalam kegiatan literasi.
Kolaborasi siswa dan keluarga
Contohnya, membaca bersama antara anak dan orangtua, orangtua yang membacakan cerita kepada anak, berkunjung ketoko buku, keperpustakaan bersama, bermain dengan mainan huruf, bermain permainan kata, menulis huruf dan kata.
Kegiatan membaca diluar sekolah
Frekuensi membaca buku yang sering dengan tema yang bervariasi akan meningkatkan literasi membaca siswa, dan membaca komik tidak bisa dimasukkan kedalam kategori faktor yang memfasilitasi peningkatan literasi membaca siswa.
Kegiatan membaca siswa disekolah
Jika dirumah siswa bisa dan boleh membaca apa saja yang disuka, maka disekolah materi untuk membaca sudah ditentukan oleh guru.
Pencapaian literasi yang lebih baik diperlihatkan oleh siswa yang membaca buku yang bervariasi, puisi, buku-buku fiksi atau permainan di sekolah setidaknya satu kali dalam seminggu.
Proses dan langkah literasi efektif
Tumbuhkan kesadaran pentingnya membaca
Budayakan membaca disekolah
Optimalkan peran perpustakaan
Biasakan hadiah berupa buku
Bentuklah komunitas baca
Biasakan menulis buku harian
Hargai karya tulis
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Literasi sangatlah penting dalam kehidupan saat ini, namun seiring dengan perkembangan zaman, literasi mulai ditinggalkan. Dengan adanya makalah ini diharapkan kepada pembaca dan pendengar agar mampu meningkatkan minat membaca dan menulis.
Saran
Pada saat pembuatan makalah ini, penulis menyadari bahwa banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Dengan sebuah pedoman yang bisa dipertanggungjawabkan dari banyaknya sumber penulis akan memperaiki makalah tersebut. Oleh sebab itu penulis harapkan kritik serta sarannya mengenai pembahasan makalah dalam kesimpulan diatas.
DAFTAR PUSTAKA
Eprints.ums.ac.id
https://dosenppkn.com/fungsi.literasi/
https://megawardhaniblogspot.com
https://pendidikan.co.id
https://www.ayoksinau.com
https://www.educenter.id
https://www.indonesiastudent.co
https://www.literasipublic.com
https://www.maxmanroe.com
No comments:
Post a Comment